Mengenal Dunia Farmasi Bersama Pafikuningankab.org

July 20, 2024

Sebagai orang awam saya kaget ketika mengetahui ada satu organisasi profesi yang berumur tiga per empat abad. Menilik dari usianya yang tua tentu banyak sudah banyak pengalaman yang dimilikinya.

Organisasi itu bernama persatuan ahli farmasi  (Pafi), didirikan oleh para ahli farmasi pada tanggal 13 Februari 1946. Hotel Merdeka, Yogyakarta menjadi saksi kelahiran organisasi yang memberikan banyak  kiprah dalam menyehatkan Bangsa.

Awalnya pafi diisi oleh komunitas Asisten Apoteker, seiring berjalan waktu seluruh organisasi profesi farmasi bergabung di dalamnya.  Adapun mereka terdiri dari Tenaga Teknis Kefarmasian (Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi dan Ahli Madya Analis Farmasi) dan Asisten Tenaga Kefarmasian (Lulusan SMK Keahlihan Farmasi dan AA).

Dedikasinya tidak sebatas pada anggotanya saja sebagai tempat untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, tapi juga sebagai agen perubahan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Pafi berperan sebagai mitra pemerintah dan lembaga kesehatan, mereka harus menyediakan layanan kesehatan berkualitas  kepada seluruh lapisan masyarakat.

Peran sebagai agen perubahan untuk menyejahterahkan masyarakat bisa dilihat dari kegiatan pengabdian yang mereka lakukan, dengan memberikan edukasi penggunaan obat yang aman. Sebagai orang awam yang buta informasi tentang penggunaan obat tentu ini jadi angin segar.

Tak hanya penyuluhan  saja, kampanye pencegahan penyakit juga dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu Pafi memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak. 

PAFI menjalankan peran pentingnya sebagai mitra pemerintah dan lembaga kesehatan dalam menyediakan akses layanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Tanpa melupakan anggota didalamnya,  organisasi profesi ini mengadakan pendidikan dan pelatihan seperti  seminar, workshop untuk meningkatkan keterampilan apoteker dan tenaga kefarmasian.

Pafikuningankab.org bagian dari agen perubahan di daerah 

Tangan hanya mampu menjangkau yang ada di dekatnya, begitu pula dengan pafi.  Wilayah Indonesia yanq luas takkan bisa terjangkau oleh agen perubahan. Maka dari itu,  diperlukan bagian kecil yang bertumbuh untuk menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai, organisasi profesi pafi menyadari hal itu dan membentuk cabangnya di seluruh wilayah Indonesia.

Daerah jawa barat mempunyai banyak organisasi profesi farmasi salah satunya Pafikuningankab.org. Nama yang diberikan disesuaikan dengan daerah tujuannya memudahkan dalam mengingat dan juga untuk mewakili daerah tersebut.  

Pafikuningankab.org menggambarkan daerahnya yaitu Kabupaten Kuningan walaupun didaerah namun web pafi terintegrasi sehingga semua informasi bisa diketahui.




You Might Also Like

0 komentar

Hai... silahkan tinggalkan pesan dan tunggu saya approve ya...
terima kasih udah berkunjung

sosial media

LinkedIn

Join

KSB

Total Pageviews

Kelas Growth dari Growthing.id*